Adsense

Kamis, 13 Mei 2010

Sangiang Poek

Sudah lama saya mendengar nama Sangiang Tikoro, bahkan sejak kecil nama itu diceritakan dan diceritakan lagi. Barulah pada hari Sabtu tanggal 8 Mei 2010 saya berkesempatan melihat mulut gua sungai bawah tanah yang terkenal itu. Padahal dari Bandung tidaklah begitu jauh l.k. 35 km di daerah Rajamandala perbatasan Kab. Bandung Barat dengan Cianjur.

Pada Sabtu itu saya mengikuti Jajal Geotrek IV yang digagas Truedee Pustaka Sejati penerbit buku “Wisata Bumi Cekungan Bandung”. Jalur yang ditelusur adalah Geotrek 7 dalam buku tersebut. Kami berkumpul di Taman Ganeca di depan kampus ITB pukul 7. Peserta acara kali lebih dari seratus orang melebihi batas ideal 60 orang. Pembimbing Jajal geotrek ini adalah Dr. Budi Brahmantyo dan Drs. T. Bachtiar, MM aktivis dari Kelompok Riset Cekungan Bandung yang menulis buku tersebut.

Sangiang Tikoro

Tiba di PLTA Saguling lebih kurang pk 9.30, kami segera menuju samping timur mulut Gua Sangiang Tikoro. Sekilas saya melihat seekor biawak bergerak ke dalam di atas bebatuan dekat atap gua. Rupanya rombongan kami mengusik ketenangannya berjemur di pagi itu. Di plasa dekat Sangiang Tikoro ini kami dapat melihat pula tempat keluarnya air dari rumah turbin dan bergabung lagi dengan Ci Tarum lama. Di sebelah selatan terlihat jelas Pasir Kiara (732 m dpl) dan Puncak Larang (850 m). Diperkirakan keduanya terpisah setelah terjadinya erosi mudik sungai kecil ke arah hulu dan menjumpai pantai Danau Bandung Purba bagian barat. Di sinilah tepatnya di Curug Halimun tempat bobolnya Danau Bandung Purba dan mengeringkannya. Sayang pada kesempatan itu kami tidak sampai ke Curug Halimun dan Sangiang Heuleut tempat di mana terjadinya pengikisan menghasilkan jurang yang sempit dan jeram yang bertingkat. Maklum pada tengah hari hujan turun terus-menerus, sedangkan peserta sangat banyak dan kemampuannya tidak merata dengan medan yang menantang.

Kepercayaan bahwa Sangiang Tikoro (394 m) tempat bobolnya Danau Bandung bertahan hingga awal abad ke-21. Selain itu Sangiang Tikoro juga merupakan bagian dari Legenda Sangkuriang yang sudah dikenal paling tidak pada abad ke-15 berdasarkan catatan perjalanan Bujangga Manik. Pada 1959 K. Kusumadinata seorang geolog mengisyaratkan Sangiang Tikoro bukan tempat bobolnya Danau bandung Purba. Baru pada tahun 2002 tulisan ilmiah dalam MGI Vol. 17 (Budi Brahmantyo, Bandono, dan Sampurno), “Analisis Geomorfologi, Perbukitan Saguling – Sangiangtikoro: Pengeringan Danau Bandung Purba tidak melalui Gua Sangiangtikoro” menegaskan lagi hal itu. Seharusnya dari dulu sudah ada yang berpikir kritis, Kota Bandung yang menjadi danau berada di ketinggian 600-725 m dpl sedangkan Sangiang Tikoro 394 m. Perbedaan ketinggian dan geomorfologi/bentang alam sudah harus menjadi pertimbangan berdasarkan prinsip fisika sederhana. Bayangkan keyakinan itu bertahan berabad-abad. Dan kini kami berjalan bersama salah seorang peneliti tersebut dan memberi pencerahan.


Batu ini dahulunya berada di atas Sangiang Tikoro dan dipercaya jika jatuh ke sungai dan menyumbat mulut gua dapat membendung kembali aliran Ci Tarum sehingga Bandung menjadi danau kembali. Kini batu tersebut ditempatkan di depan mesjid dekat rumah turbin.

Setelah mendengarkan penjelasan dari pembimbing acara, kami melanjutkan perjalanan mengitari rumah turbin dan berjalan di samping Ci Tarum Lama. Sejenak saya melihat pertemuan air dari Ci Tarum lama dan air yang keluar dari rumah turbin sebelum masuk ke Sangiang Tikoro. Sebelumnya kami melewati sepasang pipa pesat yang menyalurkan air dari Danau Saguling ke rumah turbin dengan perbedaan ketinggian sekira 300 m.

Air dari Ci Tarum lama bertemu kembalai dengan yang keluar dari rumah turbin sebelum masuk ke Sangiang Tikoro

Setelah Ci Tarum dibendung menjadi Bendungan Saguling dan airnya mengalir melalui pipa pesat, maka penggalan Ci Tarum lama sebelah barat menjadi surut dan dipasok dari beberapa anak sungai dan mata air seperti yang saya lewati pada segmen rumah turbin-Leuwi Malang. Akibatnya kita dapat melihat bongkahan-bongkahan batu yang dahulunya terendam air, sungguh menakjubkan. Batu tampak warna-warni, karena selain terdiri dari banyak jenis batuan sedimen terdapat pula dari jenis karst (kapur/gamping) yang merupakan bagian dari karst Rajamandala yang memanjang ke daerah Cianjur Selatan hingga Sukabumi.

Kurang dari satu kilometer dari rumah turbin terdapat dinding batu kapur yang menjulang tinggi, di bawah dekat sungai terdapat lubang masuk yang cukup bagi orang dewasa untuk berdiri tegak. Gua ini disebut Sangiang Poek (jangan dibaca “puk”, poek artinya gelap). Kemudian masuk lebih kurang 15 m kita tiba pada suatu tempat yang diperkirakan ruang utama dengan luas lebih kurang sama dengan rumah T27. Selanjutnya ada jalan lain menuju sungai Ci Tarum sekira 20 m dan membentuk huruf V dengan jalan masuk tadi. Kita akan tiba di atas Ci Tarum.

Tempat masuk Gua Sangiang Poek

Di depan Gua Sangiang Poek yang berhadapan langsung dengan Ci Tarum

Saya membayangkan andai pernah ada manusia gua yang pernah menghuni gua ini seperti di Gua Pawon. Sayang di beranda gua ini yang seharusnya berwarna putih karang sebagian besar berwarna hitam oleh jelaga, karena ulah “manusia gua modern” yang membuat api unggun dengan kayu bakar, sehingga atapnya pun berwarna hitam. Jika kita membawa alat penerangan yang cukup, maka kita dapat melihat dinding-dinding gua bagian dalam yang indah. Kita dapat melihat proses pembentukan stalaktit yang masih pendek sekitar beberapa sentimeter.

Stalaktit yang terbentuk masih pendek sekira 10-15 cm

Proses pelarutan kapur meninggalkan alur yang indah

Dari Sangiang Poek perjalanan dilanjutkan ke Leuwi Malang, menyusuri sungai yang penuh bebatuan. Sebagian peserta masih berusaha loncat dari batu ke batu karena masih belum “ikhlas” berbasah ria walau pada akhirnya harus nyemplung juga ke air. Di Leuwi Malang kami tiba pukul 13 dan beristirahat sambil makan siang. Sayang sekali hujan turun meskipun tidak deras, tetapi ditunggu-tunggu tidak berhenti. Panitia memutuskan tidak meneruskan perjalanan ke Sangiang Heuleut, tetapi kembali ke Sangiang Poek.

Pak Budi Brahmantyo sedang menunjukkan lokasi fosil foraminifera yang terdapat pada batu kapur di tengah sungai Ci Tarum

Setelah berkumpul di sungai depan Sangiang Poek, peserta beristirahat sambil minum kopi, makan bala-bala, dan comro. Pak Bachtiar salah seorang pembimbing Jajal Geotrek mulai berenang di sungai Ci Tarum yang bersih ini dan menarik keinginan peserta lainnya untuk ikut serta. Beliau memang pandai menghibur peserta. Diharapkan dari acara seperti ini yang diikuti peserta dari berbagai kalangan dapat menambah wawasan dan kesadaran dalam memerlakukan lingkungan.

Mitos

Salah seorang sepuh berserita kepada saya bahwa dahulu sebelum kemerdekaan apabila orang tuanya memancing di Ci Tarum, maka tidak lupa membawa "lepit" sebanyak tujuh buah. "Lepit" adalah bungkusan yang terbuat dari daun sirih dan di dalamnya berisi sedikit kapur pinang, dan bahan lainnya yang siap dikunyah tetapi tidak dimakan. Sebelum memancing ketujuh "lepit" itu dilempar ke sungai. Kebiasaan lainnya adalah ketika akan pergi ke Cianjur untuk menghadiri pertemuan pendekar silat setelah menyeberang dengan rakit atau jembatan bambu, maka beliau akan melemparkan ikatan tali ijuk.

Konon yang "ngageugeuh" Ci Tarum berupa seekor ular keemasan dengan lingkaran di lehernya. Untuk hal ini ada beberapa versi cerita. Terlepas dari maksud para orang tua dahulu menciptakan mitos, kita dapat memaknainya sekarang bahwa memulai sesuatu selalu memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan agar memerlakukan lingkungan dan mengambil sesuatu dari padanya dengan tidak semena-mena.



Bahan bacaan:

Brahmantyo, B. & Bachtiar, T., “Wisata Bumi Cekungan Bandung”, Truedee Pustaka Sejati, Bandung, 2009

Bachtiar, T., “Menyelamatkan Alam Sunda: Dano Bandung Purba”, Pusat Studi Sunda, Bandung, 2007

Brahmantyo, B., “Menyelamatkan Alam Sunda: Geologi Jawa barat dan Kawasan Kars di Tatar Sunda”, Pusat Studi Sunda, Bandung, 2007

4 komentar:

  1. ulu lagi browsing, ketemu sama blog ini :D btw kang Asep tulisan yang ini boleh gak kalau ulu masukin ke web mahanagari.com ? nama sama blog ini ulu cantumin (link).

    BalasHapus
  2. Punten Kang Asep.... abdi seja Copy sabagean ieu article anu engke disadur ka bahasa sunda oge, bade di tempat keun di blog Ki Sunda Ngalalana http://kisundangalalana.blogspot.com mugia Kang Asep tiasa ngawidian.

    BalasHapus